Manaqib Sayyidatuna Fathimah Az Zahra Bagian (2)

fatimah.jpg alt
Oleh Na’am Qolby Ma’ak

Kelahiran Sayyidatuna Fathimah

Di lahirkan Sayyidah Fathimah di rumah yang agung berada di Makkah. Rumah Al Amien, Ash Shadiq. Ibunya Khodijah bint Khuwailid, wanita yang agung derajatnya. Mulia budi pekertinya. Beliau adalah Pemimpin Wanita Makkah dalam segi kemuliyaan, kewibawaan serta kehormatan. Sedang Ayah Fathimah adalah Seorang yang di kenal di kalangan Kaum Quraisy sebagai Ash Sahdiq Al Amien. Paling pintarnya pemuda. Siapa saja yang melihat wajahnya akan terpaku atas kehaibaanya. Siapa yang bergaul denganya pasti mencintaianya. Cahaya kebenaran dan rahmat selalu terpancar dari raut wajahnya.
Saudara Sayyidah Fathimah 3 Perempuan. Zainab, Ruqoyyah, Ummu Kultsum. Sayyidah Fathimah anak terakhir dari Sayyidah Khodijah. Sayyidah Fathimah di lahirkan 5 Tahun sebelum Nabi SAW di utus. Di lahirkan pada peristiwa agung. Peristiwa yang bersejarah yang tercatat dalam hati setiap muslim.

Allah SWT ingin agar manusia tidak melupakan kelahiran hari yang mulia. Karena Sayyidah Fathimah di lahirkan di hari di perbaruinya Ka’bah, Baitullah. Disini ada rahasia yang agung. Allah jadikan kelahiran Sayyidatuna Fathimah di hari di perbaruinya “Al Bait atau Ka’bah”. Karena Fathimah adalah Ummu Ahli Bait. Baitullah di bangun bersamaan dengan Ummu Ahli Bait yaitu Fathimah bint Muhammad, karena akan keluar darinya keturunan dan keluarga Rosulullah SAW di hari ini. Akan nampak jelas Baitullah dan begitu juga telah nampak atau lahir wanita yang akan membawa Ahlul Bait Rosulillah SAW. Wajah Rosululloh SAW sangat gembira dan berseri-seri bagai rembulan, mendengar berita kelahiran Fathimah, walaupun Fathimah anak perempuan ke empat. Yang mana orang-orang dulu membenci anak perempuan. Bahkan sebagian dari mereka apabila lahir anak perempuan, wajah mereka merah karena benci dan malu. Mereka menyendiri malu menemui orang. Sebagian besar mereka mengubur hidup-hidup. Nabi SAW hidup di gelapnya zaman Jahiliyyah dan di anugerahi anak perempuan.

Di gelapnya Zaman Jahiliyah yang menjadikan wanita bagai binatang dan budak hawa nafsu. Rosulullah SAW di karuniai anak perempuan yang mana akan menjadi Qiblat dan Mahkota para wanita.
“Siapa saja wanita yang tidak berqiblatkan Fathimah dan
bermahkotakan Fathimah, maka apa yang terjadi di zaman Jahiliyyah akan terulang. Wanita akan hina dan menjadi budak hawa nafsu.”

Gembiralah Nabi SAW dan berkata kepada Sayyidah Khodijah “Sesungguhnya dia adalah hembusan angin sepoi-sepoi yang indah dan penuh barokah.” Kemudian Nabi SAW menggendongnya dan menciumnya maka semakin nampaklah kegembiraan Sayyidah Khodijah karena Sayyidah Fathimah adalah paling miripnya manusia dengan ayahnya. Kemiripan tersebut sebagai penyebab Sayyidah Fathimah memdapatkan kecintaan yang lebih dan perhatian khusus. Rumah tempat di lahirkan Sayyidatuna Fathimah adalah rumah yang diliputi kemulyaan dan kehormatan yang berasaskan Budi Pekerti dan Akhlaq yang luhur. Rumah yang subur, penuh cahaya.. Tumbuhlah Bunga Mawar yang elok dan menawan.. Yang Menjadi Harapan Wanita..

(Bersambung..)

Pos ini dipublikasikan di Manaqib Sayyidatuna Fathimah Az-Zahra dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s