Manaqib Sayidatuna Fathimah Az Zahra Bagian (1)

Oleh : Na’am Qolby Ma’ak

Sejak lama ada di dalam benakku. Sesuatu yang mungkin bisa aku berikan kepada istriku, putri-putriku, adik perempuanku, bahkan para saudari-saudari muslimah juga bagi ummat Islam secara umum. Yaitu sebuah hadiah yang mungkin bisa di jadikan sebagai Prasasti dan contoh serta Qiblat dalam kehidupan mereka. Yang mana aku temukan
sebaik-sebaik hadiah yang cocok bagi mereka di zaman seperti ini adalah mengingat kembali sebuah sejarah Bidadari yang berbentuk manusia yaitu Sayyidatuna Fathimah Az-Zahra Al-Batuul. Yang mana Allah SWT pilih di antara para wanita -wanita untuk menjadi suri tauladan bagi para Wanita-Wanita Muslimah. Beliau Sayyidatuna Fathimah adalah ibu para lelaki dan kesatria yang tangguh. Ketika aku pelajari sejarah Sayyidatuna Fathimah Al Batuul serta aku resapi
cerita-ceritanya membuat rasa rindu yang tependam, di dalam hatiku tergerakkan sehingga membuat hatiku menangis karena rasa rindu dan ada juga karena rasa malu dan pilu…! Bahkan di sebagian cerita aku terdiam…!! Tanpa terasa air matapun tak sanggup terbendungkan mengalir di wajah yang penuh dosa ini. Atas apa-apa yang terjadi dalam kehidupan Beliau Rodliyallahu ‘Anha dalam mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama juga atas Akhlaq serta budi pekerti yang luhur dan pengarahan-pengarahan yang berdasarkan asas-asas agama Islam yang mana denganny Nabi Muhammad SAW di utus.

Cukup bagi kita untuk mengenal Sayyidatuna Fathimah kalau kita tanya diri kita : Putri siapakah dia? Istri siapakah dia? Ibu siapakah dia? Rodliyallahu ‘Anha..
Banyak riwayat yang menyebutkan keagungan-keagungan Beliau… – Di riwayatkan oleh Miswar bin Makromah, Rosulullah SAW bersabda “Fathimah adalah belahan jiwaku. Siapa yang membuatnya marah maka telah membuatku marah”
– Dalam riwayat lain Rosulullah SAW bersabda Sesungguhnya anakku Fathimah adalah Bidadari Suci. Tidak pernah haidh. Di beri Nama Fathimah (dalam Bahasa Arab Fathuma Yafthuma, memisah atau melepas) Karena Allah SWT melepas atau menyelamatkan pencintanya dari neraka – Di riwayatkan Rosulullah SAW bersabda “Sesungguhnya keridloaan atau kemurkaan Allah SWT ada pada Fathimah”
– Riwayat Sa’id Al-Khudri Rosulullah SAW bersabda “Al-Hasan dan Al-Husain adalah Pemimpin Pemuda Syurga dan Fathimah Pemimpin Para Wanita di Syurga.”
– Di riwayatkan juga Rosululloh SAW bersabda, “Telah datang padaku Malaikat dari langit yang tidak pernah datang padaku meminta izin untuk Ziarah padaku dan memberi kabar gembira bahwa anakku Fathimah adalah Pemimpin Para Wanita Ummatku

Ketika Kenabian telah di utus oleh Allah dari jenis laki-laki dan Allah jadikan dari jenis perempuan yang pertama menerima Risalah dari Nabi SAW adalah Khodijah binti Khuwailid. Kemudian Allah jadikan siapa yang mengikuti Nabi SAW adalah pusat kebaikan dan penyebab kecintaan Allah SWT. (Katakan Wahai Muhammad pada ummatmu jika kalian cinta kepada Allah ikuti jejakku maka Allah akan cinta kepada kalian) Sebagian wanita berkata, Bagaimana mencontoh Nabi SAW sedang sebagian perkara berhubungan khusus dengan wanita. Maka wanita tak bisa sepenuhnya meniru Nabi SAW ?
Kita katakan, Sesungguhnya Allah SWT telah memulyakan para wanita dengan di golongkan menyerupai Nabi SAW apabila menyerupai Bid’atuh yaitu Sayyidatuna Fathimah. Beliau SAW bersabda “Fathimah bagian dariku yang mana Fathimah tidak akan terpisah dariku”
Apabila para wanita serupa dengan Fathimah maka sungguh telah menyerupai asal Sunnah Rosulullah SAW dan mendapat pahala yang agung dari Allah SWT.
“Fathimah adalah Anugerah dari Allah Untuk Para Wanita…”

(Bersambung…)

Pos ini dipublikasikan di Manaqib Sayyidatuna Fathimah Az-Zahra dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s