Fadhilah Bulan Ramadhan

Di Ambil daripada Kitab Durrotun Nashihin Bab Fadhilah Bulan Romadhon, Semoga menambah ‘amal kita didalam bulan Mulia ini,

1. Mushaf Ibrohim diturunkan pada malam pertama bulan romadlon, Taurot pada malam tanggal 6 Romadlon 700 tahun setelah turunnya mushaf Ibrohim, Zabur diturunkan pada malam tanggal 12 Romadlon 500 tahun setelah turunnya Kitab Taurot, Injil diturunkan pada tanggal 18 Romadlon 1200 tahun setelah turunnya Zabur, sedangkan Al-quran diturunkan pada tanggal 27 Romadlon 620 tahun setelah turunnya Injil.
(Durrotun nashihin)

2. Dari Ibnu Abbas : saya mendengar sabda nabi SAW. “seandainya umatku mengetahui tentang apa yang ada di dalam bulan Romadlon, tentu mereka akan berharap dalam satu tahun hanya ada bulan Romadlon…. Karena di bulan ini berbagai kebaikan berkumpul, semua ketaatan diterima, semua doa dikabulkan, dosa dosa diampuni, dan pintu surga dibuka lebar lebar untuk umatku” (zabadatul wa’idzin)

3. Shohabat Dawud At-Tho’iy berkata : pada malam pertama bulan Romadlon aku terlelap, dan aku melihat surga, seakan akan aku duduk di tepi sungai yang terbuat dari intan dan yaqut, ketika itu pula aku melihat para bidadari yang sinar wajahnya menyilaukan seperti matahari, aku mengucap “*laa ilaaha illa Allah Muhammadun rosuulullaah”*, para bidadari tersebut menjawab *“laa ilaaha illa Allah Muhammadun rosuulullaah*, kami diciptakan untuk orang orang yang bertahmid, orang orang yang berpuasa, orang orang yang ruku’, dan orang orang yang sujud, semuanya pada bulan
Romadlon.” Dan karena itulah nabi SAW. Bersabda : “surga dibuka lebar lebar untuk empat golongan : 1. orang yang membaca Alquran, 2. orang yang menjaga lisannya, 3. orang yang memberi makan kepada orang lapar, 4. orang yang berpuasa, semuanya di bulan Romadlon” ( Rounoqul majalis)

4. Ketika bulan mencapai hilalnya pada bulan Romadlon (memasuki bulan Romadlon) menjeritlah ‘Arsh, Kursi, malaikat, dan semua makhluk alam semesta dan berseru “beruntunglah bagi umat Muhammad SAW. Atas kehormatan yang telah Allah berikan pada mereka, matahari, bulan, bintang, burung, ikan, dan semua makhluk yang bernyawa yang ada memintakan pengampunan kecuali setan, ketika menjelang pagi Allah memberikan pengampunan kepada semuanya, dan Allah berfirman kepada malaikat “jadikanlah sholat kalian, tasbih kalian, di bulan romadlon untuk umat Muhammad SAW.” (Durrotun nashihin)

Wallahu A’lam Bishowab

Sumber, Abi Nurman.. Milis Majelis Rasulullah SAW

Pos ini dipublikasikan di Fiqh Ramadlan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s