Tata Cara Shalat Gerhana dan Hadits Tentang Gerhana

Insya Alloh akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (Parsial) pada sore hari, hari Sabtu Kliwon, 13 Rojab 1431 H./ 26 Juni 2010 M. tepatnya mulai pukul 17:17 WIB sampai 20:00 WIB, adapun luas gerhana 0.537. Lama gerhana 02:43 jam.

Gerhana bulan ini meliputi benua Amerika, Australia dan Asia sebelah timur, termasuk Indonesia. Wilayah yang bisa menyaksikan secarah utuh yaitu wilayah Australia, sedangkan Indonesia tidak bisa menyaksikan detik-detik awal gerhana, karena pada saat awal gerhana, bulan masih belum terbit, dan ketika bulan muncul dari ufuk timur, bulan sudah dalam keadaan gerhana. Sedangkan dari Amerika, detik-detik akhir gerhana tidak bisa disaksikan karena pada detik-detik akhir gerhana, bulan sedang menuju ke peraduannya (terbenam diufuk barat) Wilayah Afrika, Eropa da Asia bagian tengah dan barat tidak bisa menyaksikan momen ini, karena pada saat awal gerhana sampai akhir gerhana, dari wilayah tersebut bulan masih dibawah ufuk/belum terbit.

Wassalam
Ibnu Zahid Abdo el-Moeid
Litbang LFNU Gresik

HADIST TENTANG GERHANA

Gerhana adalah peristiwa penting yang secara gamblang menunjukkan bahwa ada kekuatan Yang Maha Agung di luar batas kemampuan manusia; manusia yang paling merasa faham ilmu alam sekalipun. Mereka yang merasa rendah di hadapan Sang Pencipta akan menadahkan muka, menghadap Allah, mengerjakan shalat gerhana secara berjamaah.

Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan untuk solat gerhana tersebut. Rasulullah SAW bersabda,
”Sesungguhnya matahari dan rembulan adalah dua tanda-tanda kekuasaan Allah, maka apabila kalian melihat gerhana, maka berdo’alah kepada Allah, lalu sholatlah sehingga hilang dari kalian gelap, dan bersedekahlah.” (HR Bukhari-Muslim)

Sayyidatuna A’isyah ra bercerita: Gerhana matahari pernah terjadi di masa Rasululloh SAW kemudian beliau sholat bersama para sahabat. Beliau pun berdiri dengan lama, ruku’ dengan lama, berdiri lagi dengan lama namun lebih pendek dari yang pertama, lalu ruku’ dengan lama namun lebih pendek dari yang pertama, lalu mengangkat kepala dan bersujud, dan melakukan sholat yang terakhir seperti itu, kemudian selesai dan matahari pun sudah muncul. (HR Bukhari, Muslim, Nasa’i, Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Para ulama sepakat bahwa sholat gerhana matahari dan bulan adalah sunnah dan dilakukan secara berjamaah. Berdasarkan redaksi hadits yang pertama di atas penamaan gerhana matahari dan bulan berbeda, sholat khusuf untuk gerhana bulan dan sholat kusuf untuk gerhana matahari.

Imam Maliki dan Syafi’i berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidatuna A ’isyah berpendapat bahwa sholat gerhana dengan dua roka’at dengan dua kali ruku’, berbeda dengan sholat Id dan Jum’at. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas juga terdapat penjelasan serupa, yakni sholat gerhana dikerjakan dua roka’at dengan dua kali ruku’, dan dijelaskan oleh Abu Umar bahwa hadits tersebut dinilai paling shahih.

Maka dengan begitu keistimewaan shalat gernana dibanding dengan shalat sunnah sunnah lainnya terletak pada bilangan ruku ’ pada setiap roka’atnya. Apalagi dalam setiap ruku’ disunnahkan membaca tasbih berulang-ulang dan berlama-lama.

Adapun tata cara shalat gerhana adalah sebagai berikut:
1. Memastikan terjadinya gerhana bulan atau matahari terlebih dahulu. 2. Shalat gerhana dilakukan saat gerhana sedang terjadi.
3. Sebelum sholat, jamaah dapat diingatkan dengan ungkapan, ”Ash-shalatu jaami’ah.”
4. Niat melakukan sholat gerhana matahari (kusufisy-syams) atau gerhana bulan (khusufil-qamar), menjadi imam atau ma’mum.
5. Sholat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat.
6. Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat
7. Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.

Tata Cara Solat
Gerhana dan Hadist
Tentang Gerhana
Sumber Catatan Facebook dari Syekh Arif Hamdani

Saya Salin dari Pecinta Rasulullah – Muhammad Syafii

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Akhbar, Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s